Minggu, 01 April 2018

12 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan


12 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan - Buah duku termasuk buah musiman jadi jangan heran apabila anda melihat pedagang buah di pinggir jalan banyak yang menjual buah duku belakangan ini.

Buah yang berbentuk bulat kecil ini sering dikonsumsi apabila kita sedang kumpul keluarga maupun teman, namun buah duku juga bisa dimanfaatkan secara lebih yaitu sebagai selai, isian puding, maupun kreasi lainnya. Buah duku yang telah matang dapat dilihat dari warna kulitnya yang kecoklatan dan rasanyapun manis, namun tak sedikit juga yang mengatakan bahwa buah duku memiliki rasa yang pahit, namun rasa pahit tersebut ditimbulkan karena anda menggigit biji yang terdapat didalamnya.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam buah satu ini juga cukup banyak dan pastinya sangat bermanfaat bagi kesehatan anda dan tubuh anda.

Buah Duku mengandung energi sebesar 63 kilokalori, protein 1 gram, karbohidrat 16,1 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 18 miligram, fosfor 9 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam buah Duku juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 9 miligram, Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buah Duku, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 64 %. Berikut ini macam macam manfaat buah duku bagi kesehatan.

Manfaat Buah Duku

1. Sumber Antioksidan

Buah duku memiliki kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya dimana vitamin C tersebut dapat berparan sebagai antioksidan. Antioksidan tersebut merupakan salah satu nutrisi yang dapat berperan untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Penuaan Dini

Vitamin C yang terpadat didalam buah duku selain dapat sebagai antioksidan buah duku juga efektif untuk mencegah penuaan dini. Dimana kandungan vitamin C yang ada pada buah duku juga dapat memberi perlindungan pada protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan polusi maupun racun.

3. Memperkuat Gigi

Selain vitamin C buah duku juga memiliki kandungan fosfor yang cukup banyak dimana kandungan tersebut berkhasiat untuk menguatkan gigi. Gigi akan menjadi kuat dan sehat jika apabila anda mengkonsumsi buah ini.

4. Merawat Gusi

Apabila anda ingin menjaga supaya gusi tetap sehat anda dapat mengkosumsi vitamin jadi anda dapat memanfaatkan buah duku tersebut karena buah duku memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak namun buah buahan yang mengandung vitamin C lainnya juga baik kok untuk dikonsumsi.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C memang sangatlah penting untuk menjaga kekebalan tubuh kita. Jadi apa salahnya kita mengkonsumsi buah duku dengan kandungan vitamin C yang cukup banyak di dalamnya dengan kita, mencukupi nutrisi vitamin C maka dapat meningkatkan sistem imun dan untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan.

6. Buah Duku Untuk Diet

Ternyata buah duku juga dapat menurunkan berat badan buah duku dapat membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine. Carnitine bertugas untuk mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Jumlah molekul lemak yang terdapat di dalam tjbuh juga harus diperhatikan karena apabila tubuh kita kekurangan molekul lemak maka akan menyebabkan kita gampang lelah dan kurang berenergi untuk melakukan aktivitas sehari hari. Jadi apabila jumlah carnitine pada tubuh kita berkurang maka akan menyebabkan penumpukan jumlah lemak, buah duku juga efektip untuk di padukan dengan buah apel sedang melakukan program diet.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Perlu anda ketahui bahwa buah duku selain mengandung vitamin C yang cukuk banyak buah duku juga mengandung serat yang banyak juga sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu buah duku juga dapat mencegah kanker pada saluran pencernaan, dengan kandungan mineral, kalori, dan zat besi yang terdapat di dalamnya kandungan tersebut lebih banyak apabila dibandingkan dengan buah apel maupun buah jeruk manis.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Apabila anda ingin menjaga kulit agar tetap sehat dan terjaga pastinya anda membutuhkan asupan yang mengandung vitamin E. Nah salah satunya ya buah duku ini karena buah duku memiliki kandungan vitamin E  yang cukup, fungsi dari vitamin E Tersebut sebagai mencegah penuaan dini, menghaluskan kulit, menjaga kelembapan kulit, menjaga kulit dari pancaran sinar UV.

9. Menjaga Kadar Kolesterol

Metabolisme kolesteror akan menjadi asam empedu apabila anda memiliki riwayat kolestrol anda bisa memanfaatkan buah duku sebagai menjaga kadar kolestrol tetap terjaga.

10. Mengatasi Diare

Siapa sangka kalau buah duku juga dapat mengatasi diare maupun demam tinggi namun pada kali ini yang dimanfaatkan bukanlah buahnya tetapi bijinya. Caranyapun cukup mudah yakni anda cukup mengambil 3 - 5 biji buah duku lalu tumbuk hingga halus kemudian campurkan kedalam air dan dapat diminum 1x sehari.

11. Pengusir Nyamuk Maupun Serangga

Selain buahnya yang memiliki banyak manfaat ternyata kulitnyapun juga dapat di manfaatkan sebagai pengusir nyamuk maupun serangga. Caranya pun cukup mudah yakni dengan membakar kulit buah duku samal halnya dengan kita menggunakan obat nyamuk bakar.

12. Mengatasi Masalah Kulit

Buah duku tidak hanya bermanfaat sebagai khasiat kesehatan saja, buah duku juga dapat digunakan sebabai obat untuk mengatasi masalah kulit antara lain menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, dan mengatasi gatal gatal yang disebkan oleh serangga. Caranyapun juga cukup simpel yaitu dengan menggosokan kulit buah duku ke area kulit yang bermasalah.

Sekian info dari kami, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda